watch

Kamis, 26 Mei 2011

Produksi Media Kimia


syntax
PRODUKSI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA

Mata Pelajaran          : Kimia
Kelas/Semester           : XII/2
Pokok Bahasan         : Lipid

Model              : Kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament)
Metode            : Ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas
Teknik             : Kelompok

1.      Strategi Pembelajaran
1.1. Landasan Teori TGT
Pembelajaran kooperatif menciptakan tim-tim atau kelompok-kelompok yang bertanggung jawab untuk saling mengajar pengetahuan atau keterampilan khusus. Secara konseptual, siswa akan belajar lebih baik dan lebih banyak jika mereka harus atau bertanggung jawab untuk mengajarkan pesan atau informasi kepada yang lainnya (Azhar Arsyad, 2009: 87).
Dalam PBM akan dicoba salah satu model pembelajaran kooperatif dengan metode TGT, tekniknya, murid-murid yang kemampuan dan jenis kelaminnya berbeda disatukan dalam tim yang terdiri dari empat sampai lima orang anggota. Setelah guru menyajikan bahan pelajaran, tim lalu mengerjakan lembaran-lembaran kerja, saling mengajukan pertanyaan, dan belajar bersama untuk persiapan menghadapi suatu turnamen atau pertandingan, yang biasanya diselenggarakan sekali seminggu (Sri Rumini dkk, 2006: 113).
Pembelajaran kooperatif merujuk pada berbagai macam metode pengajaran dimana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari mata pelajaran. “Dalam kelas kooperatif, para siswa diharapkan dapat saling membantu, saling mendiskusikan dan berargumentasi untuk mengasah pengetahuan yang mereka kuasai saat itu dan menutup kesenjangan dalam pemahaman masing-masing” (Robert. E Slavin, 2008: 4).
2.      Komponen TGT
Komponen yang digunakan Dalam model pembelajaran kooperatif dengan metode TGT, yaitu: Permainan (Game), Permainan disusun untuk menguji pengetahuan yang dicapai siswa dan biasanya disusun dalam pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan materi dalam presentasi kelas dan pelaksanaan kerja tim. Dalam PBM ini permainan yang digunakan dengan Teka-Teki Silang.
Dalam PBM ini permainan yang digunakan yaitu teka-teki silang. Teka-Teki Silang atau TTS merupakan salah satu sarana untuk dapat mengetahui dan mengingat pengetahuan yang kita miliki untuk dituangkan dalam jawaban pertanyaan yang ada baik dalam baris maupun kolom. TTS yang digunakan dalam metode TGT ini dimaksudkan selain ada unsur permainannya juga ada unsur pendidikannya. Dengan mengisi TTS diharapkan siswa mengerti dan paham akan materi pelajaran, khususnya materi Lemak
TTS dapat memberikan nilai positif bagi para siswa. Hal ini disebabkan karena dengan menjawab dan mengerjakan bersama, para siswa akan berlomba untuk dapat menemukan jawabannya dengan benar sehingga muncul kerja sama yang sehat. Rasa kebersamaan yang tinggi akan tumbuh karena pertanyaan yang dijawab benar akan memacu para siswa untuk menjawab pertanyaan lain dengan benar pula. Faktor ketelitian dan ketepatan sangat menentukan dalam pengisian TTS karena huruf-huruf dalam jawaban dapat mempengaruhi jawaban yang lain baik dalam baris maupun kolom. TTS yang digunakan dalam penelitian ini adalah TTS yang dibuat sendiri yang mengacu pada materi pokok Lemak.
3.      Langkah-langkah Pembuatan TTS
1.      Menginventarisir sejumlah kata yang akan diajarkan yang ada dalam kurikulum (Lemak). Kosa kata tersebut merupakan kata kunci yang akan diajarkan kepada siswa.
2.      Membuat kotak-kotak TTS baik secara mendatar maupun menurun dengan memperhatikan kotak-kotak yang dapat dimasuki oleh kata kunci. Kotak-kotak yang dibuat vervariasi.
3.      Memberi nomor secara mendatar berdasarkan awal kotak mendatar menurun berurutan dimulai dari nomor terkecil.
4.      Memasukkan Kata Kunci ke dalam tiap kotak-kotak TTS
5.      Membuat Pertanyaan yang Sesuai.
4.      Keunggulan dan Kelemahan
a.       Keunggulan
·         Bermain sambil belajar
·         Tidak membosankan
·         Siswa aktif, kreatif, inovatif
·         Membangkitkan motivasi
·         Peralatannya mudah diperoleh
·         Tidak terlampau mahal
b.      Kelemahan
·         Siswa yang sifatnya tertutup, akan mengalami masalah
·         Tidak semua siswa memahami prinsip permainan
·         Permainan didominasi pleh siswa tertentu
·         Diperlukan dalam jumlah banyak

3.      Langkah-langkah kegiatan
Langkah-langkah  yang dapat dilakukan pada saat pembelajaran TGT adalah sebagai berikut.
a)       Siswa dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4 anggota. Tim terdiri dari 5 anggota hanya apabila kelas tidak dapat dibagi habis  dengan 4 anggota. Untuk menempatkan siswa dalam kelompok, urutkan mereka dari atas ke bawah berdasarkan kinerja akademik tertentu dan bagilah daftar siswa yang telah urut itu menjadi 4. Kemudian ambil satu siswa dari tiap perempatan itu sebagai anggota tiap tim yang berimbang.
b)      Membuat lembar kegiatan TTS tentang  pelajaran yang akan diajarkan
c)       Guru menyampaikan atau membacakan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh tim, pada saat kelompok sudah terbentuk.
1)      Meminta semua anggota tim bekerja sama mengatur bangku atau meja kursi mereka, dan berikan kebebasan pada siswa untuk memilih nama kelompoknya.
2)      Membagi TTS atau materi belajar.
3)       Menganjurkan agar siswa pada tiap-tiap tim bekerja dalam duaan (berpasangan) atau tigaan.
4)      Memberi penekanan pada siswa bahwa mereka tidak boleh mengakhiri kegiatan belajar sampai mereka yakin bahwa seluruh anggota tim mereka dapat menjawab 100% benar TTS tersebut.
5)      Memastikan pada siswa bahwa TTS itu untuk belajar bukan untuk diisi dan dikumpulkan.
6)      Memberikan kesempatan pada siswa untuk saling menjelaskan jawaban mereka, tidak hanya saling mencocokkan jawaban mereka dengan lembar kunci jawaban itu.
7) Apabila ada pertanyaan, mintalah untuk bertanya pada teman dahulu dalam satu  tim sebelum ke guru.
8) Memberikan pujian kepada tim yang bekerja dengan baik sambil berkeliling melihat kerja tiap tim.
d) Bila tiba saatnya kuis, bagikan kuis itu atau bentuk evaluasi yang lain dan berikan waktu
yang cukup. Jangan mengizinkan siswa untuk bekerja sama pada saat mengerjakan kuis tersebut, sebab mereka harus menunjukkan bahwa mereka telah belajar sebagai individu.
e) Buatlah skor tim.
f) Berilah pengakuan dan penghargaan kepada prestasi tim.

RENCANA PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : SMA
Mata PelajaranKelas/Semester : KIMIA/II
Materi Pokok                            : Lemak
Alokasi waktu                           : 2 x 45 menit
Pertemuan                                 : 1

A. Standar Kompetensi
 Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.
B. Kompetensi dasar
Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak
C.Indikator
§ Menuliskan rumus struktur  dan nama lemak dan minyak
§ Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
§ Menjelaskan sifat fisik dan sifat kima lemak dan minyak
§ Menjelaskan  fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
D. Kelengkapan Materi Pembelajaran
1. Buku Siswa
2. LKS.
E. Model Pembelajaran
Model Pembelajaran : Cooperative Learning tipe TGT
Metode
: Ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
a)      Guru membagi siswa dalam beberapa tim yang beranggotakan 4 orang atau 5 berdasarkan kinerja akademik (sesuai model Cooperative Learning tipe TGT).
b)      Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari siswa dengan pengetahuan awal siswa
c)      Guru menyampaikan tujuan pelajaran.




2. Kegiatan Inti
a)      Guru menyajikan pengetahuan deklaratif (menjelaskan)
b)      Guru menyajikan pengetahuan prosedural (menjelaskan)
c)      Guru mengecek pemahaman siswa.
d)     Guru membagikan lembar kegiatan siswa TTS untuk dikerjakan siswa
e)      Guru meminta beberapa pasangan siswa menyajikan hasil kerja pasangannya sedangkan pasangan lain diminta menanggapi.
f)       Guru memasangkan siswa yang tuntas dengan yang tidak tuntas untuk membahas soal yang belum bisa. Bagi siswa yang tuntas diharapkan membantu.
3. Penutup
a)      Guru membimbing siswa untuk merangkum pelajaran.
b)      Guru mengingatkan siswa untuk mengerjakan soal latihan mandiri dirumah
Contoh pertanyaan Word cross puzzle pokok bahasan lemak
1.      Suatu trihidroksi yang terdiri atas tiga atom karbon
2.      Molekul yang dapat mengikat dua molekul asam lemak dalam bentuk ester
3.      Ester asam lemak dengan gliserol
4.      Ester asam lemak dengan monohidroksi alcohol yang mempunyai rantai karbon panjang
5.      Gliserida yang mengandung fosfor dalam bentuk ester asam fosfat\
6.      Sumber fosfolipid
7.      Gabungan lipid dengan polisakarida
8.      Zat yang menyebabkan kestabilan suatu emulsi
9.      Ekstrak testes dalam bentuk Kristal
10.  Sterol yang penting dan terdapat dialam
11.  Salah satu hidrolisis klorofil
12.  Salah satu pelarut lemak
13.  C15H13COOH
14.  C17H31COOH
15.  Kuning telur