watch

Minggu, 18 November 2012


Rounded Rectangle: NAMA	 : KIKI HARDIANSYAH S
NIM	 	 : 8106142026
SEMESTER	 : III PPs UNIMED
FORMATIF	 : KIMIA FISIK LANJUT 










 

                                                              

1.      Niels Bohr mengungkapkan Teori Atom berdasarkan Hipotesis Planck dan Eksperimen Spektrum Atom Hidrogen.
a.       Jelaskan bagaimana eksperimen spektrum atom hidrogen dilakukan dan bagaimana hasilnya!
b.      Jelaskan makna macam-macam deret yang ditemukan berdasarkan eksperimen spektrum atom hidrogen !
Penyelesaian:
a.       Eksperimen spektrum atom hidrogen dilakukan dengan cara memberikan energi pada gas H2 sehingga gas H2 tereksitasi ( keadaan yang berenergi lebih tinggi dari keadaan dasar) sehingga memancarkan energi dalam bentuk radiasi cahaya. Cahaya yang dipancarkan diuraikan menjadi komponen-komponennya oleh sebuah prisma. Setiap garis warna mewakili tingkat energi tertentu yang mengindikasikan bahwa elektron dalam atom hidrogen menempati tingkat energi tertentu yang kemudian dikenal sebagai: Lintasan atau Kulit atau Orbit. Perubahan tingkat energi elektron dalam atom hidrogen hanya terjadi pada saat elektron menyerap atau memancarkan energi dengan λ tertentu. Transisi elektron dari satu tingkat energi ke tingkat energi lain menghasilkan spektra garis yang menggambarkan: Diagram Tingkat Energi Elektron Dalam Atom Hidrogen.
b.       

Pada Deret Pfund    : n  > 5 sehingga : 
Pada Deret Bracket : n > 4 sehingga :
Pada Deret Paschen : n > 3  sehingga :
Pada Deret Balmer  : n > 2 sehingga :
Pada Deret Lyman  : n > 1 sehingga :

2.      Teori Atom Mekanikan Kuantum disusun berdasarkan 3 landasan yakni Asumsi de Broglie, Prinsip Heisenberg dan Persamaan Schrödinger.
a.       Jelaskan eksperimen yang melandasi dikemukakannya Asumsi de Broglie !
b.      Jelaskan keterkaitan antara Asumsi de Broglie dan Prinsip Heisenberg dengan Persamaan Schrödinger !
Penyelesaian:
a.          Louis de Broglie meneliti keberadaan gelombang melalui eksperimen difraksi berkas elektron. Dari hasil penelitiannya inilah diusulkan “materi mempunyai sifat gelombang di samping partikel”, yang dikenal dengan prinsip dualitas. Sifat partikel dan gelombang suatu materi tidak tampak sekaligus, sifat yang tampak jelas tergantung pada perbandingan panjang gelombang de Broglie dengan dimensinya serta dimensi sesuatu yang berinteraksi dengannya. Pertikel yang bergerak memiliki sifat gelombang. Fakta yang mendukung teori ini adalah petir dan kilat. Kilat akan lebih dulu terjadi daripada petir. Kilat menunjukan sifat gelombang berbentuk cahaya, sedangkan petir menunjukan sifat pertikel berbentuk suara.

Sehingga diperoleh:
              i.      Elektron dan partikel lainnya berperilaku sebagai gelombang. gelombang tersebut dapat terjadi  dengan frekuensi tertentu saja.
contoh : orang yang berlari cepat diiringi dengan gelombang yang melingkar-lingkar dibelakangnya dimana radiasi
               ii.   Setiap partikel bergerak dengan momentum P, selalu disertai gelombang dengan panjang gelombang λ:
keterangan:
λ : panjang gelombang
 h : konstanta Planck  = 6,626 x 10-27  erg detik
                                               = 6,626 x 10-34  J detik
P : momentum partikel
m : massa
             iii.   Makin besar massa partikel, makin pendek panjang gelombang yang menyertai gerakannya.
Eksperimen tersebut didukung oleh fakta eksperimen prinsip dualisme;
ü  Radiasi benda hitam (Max Planck):
radiasi berprilaku partikel yakni radiasi dipancarkan secara tidak kontinyu (discontinue) dalam satuan-satuan atau paket-paket kecil yang disebut: Kuanta.
ü  Efek Fotolistrik (Einstein):
elektron berprilaku gelombang yakni elektron yang terpancar bila frekuensi cukup tinggi, terjadi difraksi dalam daerah cahaya tampak dan ultraviolet.





b.      Keterkaitan antara asumsi De broglie dan prinsip Heisenberg dengan persamaan schrodinger menghasilkan prinsip ketidakpastian yaitu, Hipotesis Louis de broglie dan azas ketidakpastian Werner Heisenberg merupakan tahap penting ke arah penemuan teori atom mekanika kuantum atau mekanika gelombang yang dikemukakan oleh Erwin Schrodinger dengan mengajukan persamaan gelombang Schrodinger, untuk mendeskripsikan keberadaan elektron dalam atom.

3.         Distribusi atau sebaran elektron di dalam atom dikenal sebagai : Konfigurasi Elektron.
a.       Pada saat kita menuliskan konfigurasi elektron maka kita sedang mengaplikasikan postulat-postulat Teori Atom Bohr dan Teori Mekanika Kuantum. Apakah anda setuju atau tidak setuju dengan pernyataan tersebut ? Jelaskan mengapa !
b.      Pada penulisan konfigurasi elektron biasa diberlakukan Prinsip Aufbau. Apakah Prinsip Aufbau dapat diberlakukan untuk konfigurasi elektron dalam setiap atom ? Jelaskan mengapa !
c.       Sifat (kereaktifan) suatu atom ditentukan oleh elektron valensinya. Jelaskan disertai contoh, bagaimana elektron valensi menentukan kereaktifan suatu atom !
Penyelesaian:
a.       Pada saat kita menuliskan konfigurasi elektron maka kita sedang mengaplikasikan postulat postulat Teori Atom Bohr dan Teori Mekanika Kuantum. Saya setuju dengan pernyataan tersebut, Karena : Pada saat kita menuliskan konfigurasi elektron, maka artinya kita sedang berekpresi dengan elektron dalam atom, dimana menurut Bohr bahwa atom terdiri atas inti atom yang bermuatan positif dan disekitarnya beredar elektron-elektron yang bermuatan negatif.
konfigurasi elektron adalah susunan elektron-elektron pada sebuah atom, molekul, atau struktur fisik lainnya. Sama seperti partikel elementer lainnya, elektron patuh pada hukum mekanika kuantum dan menampilkan sifat-sifat bak-partikel maupun bak-gelombang. Secara formal, keadaan kuantum elektron tertentu ditentukan oleh fungsi gelombangnya, yaitu sebuah fungsi ruang dan waktu yang bernilai kompleks. Menurut interpretasi mekanika kuantum Copenhagen, posisi sebuah elektron tidak bisa ditentukan kecuali setelah adanya aksi pengukuran yang menyebabkannya untuk bisa dideteksi. Probabilitas aksi pengukuran akan mendeteksi sebuah elektron pada titik tertentu pada ruang adalah proporsional terhadap kuadrat nilai absolut fungsi gelombang pada titik tersebut.
Elektron-elektron dapat berpindah dari satu aras energi ke aras energi yang lainnya dengan emisi atau absorpsi kuantum energi dalam bentuk foton. Oleh karena asas larangan Pauli, tidak boleh ada lebih dari dua elektron yang dapat menempati sebuah orbital atom, sehingga elektron hanya akan meloncat dari satu orbital ke orbital yang lainnya hanya jika terdapat kekosongan di dalamnya.
Konfigurasi elektron yang pertama kali dipikirkan adalah berdasarkan pada model atom Bohr. Adalah umum membicarakan kelopak maupun subkelopak walaupun sudah terdapat kemajuan dalam pemahaman sifat-sifat mekania kuantum elektron. Berdasarkan asas larangan Pauli, sebuah orbital hanya dapat menampung maksimal dua elektron. Namun pada kasus-kasus tertentu, terdapat beberapa orbital yang memiliki aras energi yang sama (dikatakan berdegenerasi), dan orbital-orbital ini dihitung bersama dalam konfigurasi elektron.
b.         Prinsip Aufbau menyatakan bahwa: “Pengisian elektron dimulai dari subkulit yang berenergi paling rendah dilanjutkan pada subkulit yang lebih tinggi energinya”. Dalam setiap sub kulit mempunyai batasan elektron yang dapat diisikan yakni
ü Subkulit s maksimal berisi 2 elektron
ü Subkulit p maksimal berisi 6 elektron
ü Subkulit d maksimal berisi 10 elektron
ü Subkulit f maksimal berisi 14 elektron
Berdasarkan ketentuan tersebut maka urutan pengisian (konfigurasi) elektron mengikuti tanda panah pada gambar berikut!

Description: konf
Berdasarkan diagram di atas dapat disusun urutan konfigurasi elektron sebagai berikut:
1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p6 5s2 …. dan seterusnya

Description: tgkt energi subkulit
Tingkat energi beberapa sub kulit dan orbitalnya
Penerapan Prinsip Aufbau Pada Konfigurasi Elektron
ü  Prinsip Aufbau (Prinsip Bertingkat) diturunkan berdasarkan spektrum atom Hidrogen sehingga Diagram Bertingkat berlaku sebelum subkulit ditempati elektron.
ü  Setelah ditempati elektron maka Diagram Bertingkat subkulit menjadi seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini, yakni:

Description: tabel
·         Diagram bertingkat (sesuai Prinsip Aufbau) berlaku untuk atom-atom dengan nomor atom (Z) ≤ 20.
·         Sedangkan untuk atom-atom dengan nomor atom (Z)>20, urutan tingkat energi orbitalnya menjadi sebagai berikut:
1s < 2s < 2p < 3s < 3p < 3d < 4s < 4p < 4d < 4f < 5s < 5p < 5d < 6s < 6p < 5f < 6d < 7s < ….dst.
Tampak bahwa tingkat energi orbital dalam sub kulit sangat bergantung pada jumlah elektron yang terdapat dalam atom.
Prinsip Aufbau tidak dapat diterapkan pada setiap atom, hal ini dapat dilihat dengan adanya penyimpangan dari aturan aufbau dalam pengisian electron beberapa atom.
Contoh :
·      Konfigurasi elektron kromium (Z=24) dan tembaga (Z=29). Konfigurasi elektron Cr dan Cu berdasarkan Aufbau :
Cr (Z= 24) : [Ar] 3d44s2
Cu (Z=29) : [Ar] 3d94s2
c.       Sifat suatu atom ditentukan oleh konfigurasi elektron dan berhubungan erat dengan keteraturan letak unsur dalam SPU. Sifat kereaktifan suatu atom ditentukan oleh elektron valensi. Elektron valensi (elektron terluar) berkaitan erat dengan jari – jari atom, energi ionisasi, dan afinitas elektron.
v   Hubungan jari – jari atom dengan elektron valensi
  Hubungannya dapat dijelaskan dengan rumusan gaya sbb:
Dimana :
              q1       =  jumlah muatan (+) proton dalam inti atom
              q2       =  jumlah muatan (–) elektron dalam atom
               r        =  jarak diantara muatan (+) pada inti dengan muatan (–) elektron pada kulit   terluar. =jari-jari atom (ra)
     F   =  besarnya gaya tarik menarik
F berbanding lurus dengan jumlah proton (q1) dan jumlah elektron (q2). Sebaliknya F berbanding terbalik dengan jari-jari atom (ra).
Rumusan di atas menunjukkan:
Makin banyak jumlah elektron valensi berarti makin besar q2 dan q1 dan makin besar F akibatnya makin kecil jari-jari atom (r) dan sebaliknya”. 
v  Hubungan jari – jari atom dengan energi ionisasi
Energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan untuk melepaskan electron valensi dari atom dalam keadaan gas. Energi ionisasi merupakan ukuran kemudahan suatu atom berubah menjadi ion positif.
Dimana :
“Makin besar jari – jari atom maka makin kecil energi ionisasi suatu atom maka makin mudah atom tersebut melepaskan elektron sehinggamakin mudah atom tersebut menjadi ion positif dan membentuk senyawa ionik (semakin reaktif) dan sebaliknya”.
Misalnya : atom yang elektron valensinya satu akan lebih reaktif untuk melepaskan elektron dari atom yang bervalensi dua atau tiga karena energi ionisasi yang diperlukan untuk melepaskan satu elektron lebih sedikit dibanding energi untuk melepaskan dua atau tiga elektron. Jadi yang memerlukan energi ionisasi lebih kecil dikatakan lebih reaktif.
Contoh :
Atom 11Na lebih reaktif dibandingkan dengan atom 12Mg

v  Hubungan jari – jari atom dengan afinitas elektron
Afinitas elektron adalah energi yang dilepaskan pada saat atom dalam keadaan gas menerima atau menangkap elektron. Afinitas elektron merupakan ukuran kemudahan suatu atom berubah menjadi ion negatif.
Dimana :
“Makin kecil jari – jari atom maka makin besar afinitas elektron suatu atom dan makin mudah atom tersebut menangkap elektron sehinggamakin mudah menjadi ion negatif dan membentuk senyawa ionik (semakin reaktif) dan sebaliknya”.

Misalnya : Dalam hal kecenderungan menerima elektron, atom dengan elektron valensi tujuh lebih reaktif, dibanding dengan atom yang elektron valensinya empat, lima, dan enam. Hal ini karena pada atom elektron valensi tujuh, akan cenderung menerima satu elektron disertai pelepasan energi (afinitas elektron) yang paling besar dibandingkan dengan atom yang elektron valensinya enam (cenderung menerima dua elektron), dan elektron valensi lima (cenderung menerima tiga elektron).
Contoh :
Atom 17Cl lebih reaktif dibandingkan atom 16S

4.      Distribusi atau sebaran elektron di dalam molekul dikenal sebagai: Struktur elektron di dalam Molekul: Gambarkan bagan pembentukkan orbital molekul pada gas N2 !


 
















MOLEKUL
                        N                                              N2                                                         N


 














Π2p








Konfigurasi Elektron N2 : σ1s2, σ*1s2, σ2s2, σ*2s2, π2p2, σ2p2 , σ*2p2


Hibridisasi yang terjadi pada atom N2
7N        : 1s2 2s2 2p3
7N        : 1s2 2s2 2p3










 
N:  
         1s      2s          2p                          terhibridisasi
N:
                     1s     2s          2p
Pada atom 7N terdapat tiga elektron dalam keadaan tidak berpasangan, yaitu elektron pada orbital 2p. Orbital ini masing masing akan berpasangan dengan 1 elektron yang berasal dari atom N yang lain. Pada peristiwa pembentukan hibridisasi N2 tidak terjadi eksitasi tetapi terjadi hibridisasi.
             
          1s     2s        2p
Maka hibridisasinya adalah sp3 dan mempunyai 2 pasangan elektron bebas. Sehingga bentuk geometrinya adalah heksagonal.




















4 komentar:

  1. Halo Bosku, kami dari www.DewaJudiQQ.com ingin mengajak bos bermain di agen poker online terbaik di Indonesia.
    Promo :
    - Bonus CashBack 0,5%
    - Bonus Referral 20%
    Minimal Depo & Withdraw : Rp. 15.000,-
    6 Game 1 UserID : Poker, AduQ, Capsa Susun, Bandar Poker, Domino99, BandarQ
    Support Bank : BCA, BNI, BRI, MANDIRI & DANAMON.
    Pin BBM : 2AF2314F
    LiveChat : goo.gl/hvIjeN

    DewaJudiQQ.com agen terbaik, terbesar dan terpercaya di Indonesia, jadi tunggu apalagi? main di DewaJudiQQ sekarang juga.

    BalasHapus
  2. AYO DAFTARKAN DIRI KALIAN SEKARANG JUGA DI http://metroqq.com/Register.aspx?lang=id

    www.metroqq.com juga menyediakan bonus yang diantaranya :

    NEW GAME BANDARPOKER
    RASAKAN SENSASI BERMAIN POKER DAN MENJADI BANDAR !!

    - Bonus Referral 10% otomatis langsung ke IDR anda, dan 10% akan dibagikan setiap hari senin
    - Bonus Cashback 0,3% - 0,5%
    - 300% Fair Play
    - NO ROBOT & ADMIN
    - Proses Withdraw & Deposit Tercepat
    - Di layani dengan 5 bank : Mandiri, BCA, BNI, BRI,Danamon
    - Customer Service yang baik, ramah dan cantik tentunya

    Dengan deposit minimal Rp.15.000 Anda sudah dapat bermain 6 game tersebut yang tentunya seru dan asik..

    untuk info contact dan customer service kami, Anda bisa menghubungi kami di :
    WEBSITE : WWW.METROQQ.COM
    PIN BBM : 2BE32842
    SKYPE : Metro.QQ
    Facebook : MetroQQ.id@gmail.com
    Twitter : @MetroQQ
    [img]http://i.imgur.com/SesQztL.jpg[/img]

    BalasHapus


  3. Hallo.. Kabar terbaik untuk semua para penggemar judi online!!!

    Agen Judi PemainBandarQ adalah Agen Judi yang paling dipercaya para penggemar judi online dan telah menjadi yang agen judi dunia terbaik yang pernah ada loh..
    Situs judi PemainBandarQ juga telah menyediakan 7 jenis games casino modern dan populer dengan jaminan unggulan yaitu :

    ~ DIJAMIN 100% Fairplay Player vs Player. NO ROBOTIC & ADMIN.
    ~ Bonus berlimpah yang dibagikan setiap harinya kedalam akun ID anda.
    ~ Bonus Referal 10% otomatis langsung ke IDR anda, dan 10% akan dibagikan setiap hari senin.
    ~ Proses Deposit & Withdrawal tercepat
    ~ Deposit & Withdrawal dipermudah dengan layanan 6 bank yaitu : MANDIRI , BCA , BNI , BRI , DANAMON dan juga CIMB NIAGA.
    ~ Dilayani oleh Customer Service terbaik, berpengalaman, sopan, ramah dan cakep pastinya.

    Hanya dengan Deposit minimal IDR 15.000,- Anda sudah dapat merasakan 5 jenis games modern casino yang jelas seru dan asyik loh..

    Jika anda membutuhkan informasi tambahan, Anda juga menghubungi Customer Service kami lewat :
    Website : www.pemainbandarq.info
    Pin BBM : 2BF939F6
    SKYPE : PemainBandarQ
    Facebook : www.facebook.com/livia.zng
    Twitter : @Pemainbandarq

    BalasHapus
  4. MestiQQ Adalah perusahaan judi online KELAS DUNIA ber-grade A

    Sudah saatnya Pencinta POKER Bergabung bersama kami dengan Pemain - Pemain RATING-A

    Hanya dengan MINIMAL DEPOSIT RP. 10.000 anda sudah bisa bermain di semua games.

    Kini terdapat 8 permainan yang hanya menggunakan 1 User ID & hanya dalam 1 website.
    ( POKER, DOMINO99, ADU-Q, BANDAR POKER, BANDARQ, CAPSA SUSUN, SAKONG ONLINE, BANDAR66 )

    PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAWAL CEPAT Dan AMAN TIDAK LEBIH DARI 2 MENIT.

    100% tanpa robot, 100% Player VS Player.
    Live Chat Online 24 Jam Dan Dilayani Oleh Customer Service Profesional.

    Segera DAFTARKAN diri anda dan Coba keberuntungan anda bersama MestiQQ
    ** Register/Pendaftaran : WWW-MestiQQ-POKER
    Jadilah Milionare Sekarang Juga Hanya di MestiQQ ^^

    Untuk Informasi lebih lanjut silahkan Hubungi Customer Service kami :
    BBM : 2C2EC3A3
    WA: +855966531715
    SKYPE : mestiqqcom@gmail.com

    BalasHapus